Tips trik merawat wajan agar tetap awet dan tahan lama

Memasakadalah kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap hari. Setiap hari pula perabotan masak seperti kuali, piring, penggorengan, dan perabotan lainnya digunakan.

Salah satu perabotan memasak yang paling sering digunakan adalah wajan atau penggorengan. Agar wajan penggorengan tetap awet, berikut kami kasih tips cara merawat dan membersihkannya wajan yang dikutip dari Huffingtonpost, Sabtu (13/9/2014).

Pertama, cuci dengan menggunakan sabun yang tidak mengandung bahan kimia. Ini berguna agar permukaan penggorengan tidak cepat terkikis dan rusak. Selain itu, hindari menggunakan spons yang keras dan kasar saat mencuci penggorengan. Karena, kebanyakan orang menggunakan spons yang keras dan kasar untuk menghilangkan bumbu yang menempel pada penggorengan.

Kedua,penggorengan harus  langsung di cuci setelah habis digunakan. Jangan biarkan wajan Anda menumpuk di dapur dengan kondisi masih kotor. karena Asam yang ada dalam makanan, jika dibiarkan lama kelamaan dapat merusak permukaan wajan tersebut.

Ketiga, cuci wajan dengan menggunakan air hangat. Selain itu gunakan spons yang lembut untuk membersihkan kotoran pada wajan. Untuk membersihkan bekas bumbu yang membandel, tak perlu membuatnya lecet. Anda cukup menuangkan secangkir garam ke wajan yang masih hangat. Gosok-gosok permukaan wajan dengan lembut, kemudian bilas agar bersih dan kinclong.

Kelima, keringkan segera setiap kali setelah dicuci atau bisa juga di lap dengan kain yang lembut. Kelembaban adalah musuh utama dari wajan. Banyak yang salah kaprah menganggap pengeringan dapat membuat wajan cepat berkarat. Jadi, setelah dicuci, cara mengeringkan penggorengan adalah dengan meletakkannya di atas kompor dengan api kecil. Biarkan selama beberapa menit, dan gunakan kain untuk melenyapkan lemak yang masih tertinggal

Terakhir, simpan dengan hati-hati wajan Anda. Jauhkan wajan dari besi untuk menghindari karat. Jika karat muncul, bersihkan dengan menggunakan wol baja untuk menghapus karat.
Previous
Next Post »